Header Ads

test

Gerakan Donasi Buku Komunitas Pegiat Literasi Melati





Komunitas Pegiat Literasi Melati atau biasa disingkat KPLM merupakan salah satu komunitas yang berada di Kota Metro. Komunitas ini didirikan atas inisiatif dari mahasiswa jurusan Ekonomi Syari’ah angkatan 2017 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. Dengan adanya komunitas ini, diharapkan dapat menjadikan budaya membaca buku dikalangan mahasiswa menjadi sebuah kebutuhan, tidak hanya sekedar untuk mencari referensi tugas kampus saja. 

Komunitas Pegiat Literasi memiliki visi “Terbentuknya Generasi Intelektual Melalui Budaya Membaca”. Dengan adanya visi tersebut, diharapkan akan menjadi motivasi komunitas ini dalam bergerak guna mengembangkan literasi di dalam kampus maupun di luar kampus. Mahasiswa merupakan agent intelektual (Titut Sudiono). Bagaimana mahasiswa menjadi agent intelektual jika tidak memiliki wawasan dan ilmu? Sedangkan, wawasan dan ilmu didapatkan dari membaca buku. Bukankah Islam telah mengajarkan kita untuk membaca? Itu adalah perintah nyata dari Allah SWT mengenai membaca.

Membaca itu penting, karena dengan membaca akan membuat diri kita menjadi tahu dan mengerti. Prof. Dr. Enizar, M.Ag. (Rektor IAIN Metro) mengatakan bahwa, “Mahasiswa jangan sampai alergi membaca buku”. Kata-kata itu yang selalu terngiang di dalam fikiran kami. Petuah itulah yang meberikan motivasi kepada kami dalam membentuk komunitas ini.

Komunitas ini mengajak para mahasiswa untuk membudayakan membaca buku, “Budayakan Membaca Untukmu, Warnai Dunia Dengan Ilmu”. Kalimat tersebut merupakan salah satu motto dari komunitas ini. Sekitar enam bulan sejak berdirinya, komunitas ini telah mengadakan kegiatan Taman Baca Mahasiswa (TBM) yang bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di gedung E8 lantai 1 kampus 2 IAIN Metro. Selama kegiatan tersebut berlangsung, banyak masukan dari berbagai pihak yang komunitas ini terima. Salah satunya mengenai masalah koleksi buku yang masih kurang dengan kebutuhan mahasiswa.

Menindaklanjuti masukan tersebut, kemudian komunitas ini mengadakan penggalangan donasi buku ke seluruh jurusan di kampus IAIN Metro. Target dalam penggalangan buku ini adalah buku-buku yang sudah tidak terpakai, khususnya oleh para mahasiswa yang telah lulus atau mahasiswa semester lanjut. Tujuan dari kegiatan ini adalah menyediakan buku-buku yang dibutuhkan mahasiswa melalui sumbangan buku yang didapatkan dari para donatur buku.

“Untuk teman – teman, kakak – kakak, ayo donasikan bukumu kepada kami”.
#SATU_BUKU_SEJUTA_HARAPAN

Penulis: Imam Kurniawan ( Pendiri Komunitas Pegiat Literasi Melati)