Header Ads

test

KSEI Filantropi Berdayakan Lahan Kosong untuk Bertanam



Adzkiyacentre.com- Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Filantropi IAIN Metro berdayakan lahan kosong di kampus untuk bertanam. Berbagai tanaman sudah mulai ditaman di atas lahan seluas 100 m2 yang berada di samping gedung Pascasarjana IAIN Metro sejak delapan bulan yang lalu dengan menggunakan konsep green house. Kerja keras yang dilakukan oleh para anggota KSEI Filantropi dalam mengelola lahan kosong tersebut akhirnya berbuah hasil manis. Hal itu terlihat dari beberapa kali anggota KSEI Filantropi telah berhasil memanen berbagai macam sayuran seperti terong, kangkung, dan rempai.

Pencapain ini tidak lepas dari dukungan para dosen IAIN Metro, khususnya lingkup dosen Pascasarjana IAIN Metro yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengelola lahan tersebut. Alhasil, tidak hanya para anggota KSEI Filantropi saja yang menikmati hasilnya, namun para dosen pun ikut merasakan. Terlihat dari beberapa kali kegiatan makan bersama di lingkup dosen Pascasarjana IAIN Metro pernah dilakukan dengan bermenukan sayur-sayuran hasil panen para anggota KSEI Filantropi.
  
Satu bulan yang lalu, para anggota KSEI Filantropi melakukan renovasi green house dan kembali berinovasi dengan menanam tanaman baru. Hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki dan memperluas green house yang pernah dibuat tujuh bulan yang lalu. Selain itu, para anggota KSEI Filantropi mencoba menanam tanaman baru yang bertujuan untuk menambah inovasi dan pengalaman bertanam.

Saat ditemui di green house KSEI Filantropi pada hari jum’at kemarin (3/11), Adi Erdian selaku pegiat KSEI Filantropi mengatakan, “Green house KSEI Filantropi sekarang dibuat lebih luas dibandingkan green house yang kemarin. Sehingga akan lebih efektif dijadikan tempat untuk bertanam berbagai macam tanaman. Saat ini, green house sudah tertata rapi dengan berbagai macam tanaman bunga yang berasal dari para anggota baru KSEI Filantropi. Selain itu, sedang dikembangkan juga jamur dengan media janggel jagung dan kacang tanah. Dalam waktu dekat, kami akan menanam berbagai macam sayuran segar seperti, bayam, dan lain sebagainya.”

Penulis : Mustika Edi Santosa