Header Ads

test

KSEI Filantropi Kunjungan Ke Lazaku


Metro-adzkiyacentre.com. Minggu, 15 Oktober 2017 Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Filantropi mengadakan kegiatan kunjungan industri ke Lembaga Amil Zakat Adzkiya Khidmatul Ummah (LAZAKU). Kunjungan industri ini merupakan program kerja dari salah satu departemen yang berada di KSEI Filantropi, yaitu departemen Kajian Strategi (KASRAT). Dimana, kegiatan kunjungan industri ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada kader-kader KSEI Filantropi tentang bagaimana pengimplementasian nilai-nilai ekonomi Islam dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat, baik dalam kegiatan yang berorentiasi pada profit maupun sosial.

Lembaga Amil Zakat Adzkiya Khidmatul Ummah (LAZAKU) merupakan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang dibentuk oleh Baitul Maal wat Tamwil Adzkiya Khidmatul Ummah (BMT AKU). LAZAKU dalam menjalankan operasionalnya memiliki kantor yang bertempat di Jl. Ikan Mas, Kelurahan Yosodadi Metro Timur, Kota Metro. Adapun tujuan dari didirikannya LAZAKU yaitu untuk menghimpun dana zakat, infak, shadaqah dan wakaf (ZISWAF) dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkannya. Penyalurannya dana ZISWAF, disalurkan melalui berbagai program unggulan dari LAZAKU seperti kegiatan bakti sosial, dana beasiswa dan kegiatan-kegitan lainnya.

Rudiyanto selaku ketua kantor LAZAKU mengatakan bahwa, “ Tujuan dibentuknya LAZAKU yaitu ingin memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat. Sebab, idealnya pendirian suatu BMT secara fungsi sosialnya harus berjalan. Sehingga, hadirlah Lembaga Amil Zakat Adzkiya Khidmatul Ummah atau disingkat LAZAKU.” Selain itu juga, Rudianto mengatakan bahwasannya yang menjadi motivasi dari kawan-kawan LAZAKU yaitu; Pertama,  setiap profesi amil memiliki kebaikan yang sama dengan disonasikan. Kedua, menjadi amil itu lebih mudah. Ketiga, semakin banyak dana zakat, infak, shadaqah dan wakaf (ZISWAF) yang dihimpun, maka akan semakin banyak yang terberdayakan.”

“Harapannya dengan adanya kegiatan Kunjungan Industri ke LAZAKU akan memberikan wawasan lebih kepada kami selaku kader KSEI Filantropi tentang LAZAKU. Selain itu, dapat tejalinnya silahturahmi yang baik antara kami dengan pengurus dan anggota LAZAKU.” Ujar Mustika Edi Santosa, Ketua Umum KSEI Filantropi dalam sambutannya.


Penulis: Mustika Edi Santosa