Header Ads

test

Yudisium Periode II Fakultas Syariah IAIN Metro


Metro, adzkiyacentre.com. IAIN Metro-Fakultas Syariah tengah menyelenggarakan Yudisium periode II tahun 2017 (18/08). Yudisium kali ini mengusung tema “Mewujudkan Sarjana yang Mampu Mengisi Kemerdekaan dengan Intelaktual yang Berkarakter Socio-Eco Techno-Preneurship Berlandaskan Ke-Islaman dan Ke-Indonesiaan dalam Kebhinekaan.”

Husnul Fatarib, Ph.D menjelaskan dalam sambutannya bahwa dalam wisuda kali ini Fakultas Syariah mengikutsertakan mahasiswa/mahasiswi terbaiknya yang berjumlah 48 orang, yaitu berasal dari Jurusan Akhwalul Syaksiyah (AS) 8 mahasiswa dan Hukum Ekonomi Syariah (HESY) sebanyak 40 mahasiswa. Sedangkan untuk jurusan Hukum Tata Negara Islam (HTNI) untuk tahun ini belum mengikutsertakan mahasiswanya untuk diwisuda, karena jurusan ini yang baru berusia kurang dari satu tahun.

lanjutnya, butuh banyak kerjasama yang harus dilakukan untuk mengembangkan Fakultas Syariah di IAIN Metro karena sebuah transisi dari STAIN ke IAIN membutuhkan waktu dan kinerja yang baik dari seluruh jajaran, disamping itu juga harus menyesuaikan dengan nomen kelatur yang baru.

Telah hadir juga Rektor IAIN Metro, Prof. Dr. Hj. Enizar, M. Ag dalam acara tersebut. Beliau memberikan apresiasi yang tinggi kepada mahasiswa/mahasiswi dalam sambutannya. Apresiasi diberikan juga kepada seluruh jajaran pengurus Fakultas Syariah yang telah sukses menghantarkan mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Metro untuk dapat menyelesaikan tugas belajarnya.

Lebih lanjut Rektor IAIN itu berpesan, bahwa jangan berpuas diri sampai di sini dengan predikat dan gelar yang disandang, karena di luar sana banyak tantangan yang harus dihadapi, tidak hanya cukup ilmu yang didapatkan di dalam kampus (intelektual), namun harus banyak belajar kembali, perlu meningkatkan kekuatan emosional dan spiritual agar nantinya dapat berdaya saing.

Diakhir sambutannya beliau menegaskan tidak hanya cukup mempelajari buku dan dosen sebagai guru, namun alam pun adalah guru kita yang patut kita pelajari. Jagalah nama baik diri sendiri dan almamater kampus dan jadilah penyambung lidah untuk hal-hal yang positif dan jangan hanya banyak bicara namun tunjukan kemampuan diri dihadapan pesaing dan masyarakat.

Turut memberikan sambutan Ketua DPW APSI Lampung, Hermawan, S.H. Beliau menjelaskan bahwa APSI ke depan akan membuka dan mendeklarasikan kantor cabang di kota Metro dan akan membangun kerjasama dengan kampus IAIN Metro untuk dapat mengisi pos-pos tertentu, dan ini menjadi peluang untuk lulusan sarjana Fakultas Syariah IAIN Metro untuk dapat masuk dan bergabung dengan APSI.

Saat ini pos-pos di pengadilan agama telah banyak diisi oleh lulusan sarjana hukum umum, yang seharusnya diisi oleh anda-anda. melalui APSI peluang lulusan hukum syariah terbuka dengan lebar untuk bergabung, tentunya dengan tahap-tahap yang berlaku, pungkas Hermawan.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor IAIN Metro, Yudisium periode II Tahun 2017 Fakultas Syariah IAIN Metro dengan bangga memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Zelania dengan IPK 3,75, Muhtarullah dengan IPK 3,69, dan Nurul Pertiwi dengan IPK 3,50 sebagai lulusan terbaik 1, 2, dan 3 jurusan Akhwal Syaksiyah. Selain itu Zelania juga menerima penghargaan sebagai peserta termuda dengan usia 21 tahun 9 bulan 2 hari.

Pada jurusan Hukum Ekonomi Syariah terdapat Heri Saputra dengan IPK 3,74, Umi Faridah dengan IPK 3,70, dan Megayana dengan IPK 3,64 sebagai lulusan terbaik 1, 2, dan 3. Serta lulusan termuda dengan 21 tahun 3 bulan 1 hari diterima oleh nama Ayu Feranika.


Dwi Nugroho