Header Ads

test

Open Recruitment KSEI Filantropi Bersama Metro Wakaf

Metro, adzkiyacentre.com, KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) Filantropi bersama Metro Wakaf mengadakan sosialisasi mengenai wakaf uang dan asuransi takaful pada sesi PBAK lalu. Upaya pengenalan budaya wakaf produktif lebih dini kepada mahasiswa, tujuannya menciptakan kemandirian Islam.
Selain itu, KSEI Filantropi juga mengadakan open recruitment anggota baru baik di Kampus I maupun II IAIN Metro. Pendaftaran anggota baru dibuka sampai pada tanggal akan dilakukannya DEI (Diklat Ekonomi Islam) nanti. Organisasi yang berdiri pada tanggal 17 September 2009 di STAIN Jurai Siwo Metro yang sekarang telah alih status menjadi IAIN Metro.
KSEI sendiri merupakan suatu organisasi yang bergerak pada keilmuan mengenai Ekonomi Islam. Saat ini KSEI Filantropi berada dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Metro, bentuk pengkhususan UKM. Sebelumnya KSEI Filantropi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa dibawah Institut.” Ujar Mustika
Organisasi yang mempunyai Visi sebagai wadah untuk melahirkan sumber daya insani yang profesional dan bertumpu pada kekokohan spiritualitas, emosionalitas, dan intelektualitas dalam rangka membumikan Ekonomi Syariah dan Misi Memberikan pencerahan dan pemahaman tentang Ekonomi Syariah kepada masyarakat kampus IAIN Metro, Memberdayakan dan mengembangkan Ekonomi Syariah dalam tataran keilmuan dan aplikasi, serta Menjalin ukhuwah Islamiyah antara entitas Ekonomi Islam dan lembaga sejenis dengan berusaha membangun budaya islamiyah, ilmiah, dan profesional ini tidak hanya di tingkat kampus saja melainkan Tingkat Regional bahkan sampai tingkat nasional seperti Musyawarah, Rapat Kerja, Temu Ilmiah, dan kegiatan lainnya.
Adi selaku kepala departemen Kajian Strategis KSEI mengatakan, “Acara ini merupakan kerjasama antara KSEI Filantropi dan Metro wakaf untuk mensosialisasikan Wakaf Uang dan Asuransi Takaful. Mahasiswa yang berwakaf tentunya akan mendapatkan dua keuntungan yaitu Amalan Jariyah yang tidak akan pernah putus meskipun si wakif telah meninggal dan wakif juga akan mendapatkan asuransi selama menjadi mahasiswa/i di IAIN Metro. Uang wakaf ini langsung disetorkan ke BMT at-Ta’awun IAIN Metro. Selain itu, acara ini juga menjadi salah satu cara KSEI dalam open recruitment anggota baru KSEI Filantropi yang nantinya akan diadakan Diklat Ekonomi Islam.
Lanjutnya, Alhamdulilah acara berjalan lancar, kurang lebih 30 anggota baru telah mendaftar dan Insyaallah kami akan melakukan publikasi ke kelas-kelas khususnya di Fakultas FEBI IAIN Metro.” Ujarnya
Mustika selaku Ketua Umum periode 2017-2018 menjelaskan bahwa tujuan akhir dari organisasi ini adalah untuk meningkatkan potensi dan skill kader melalui kajian, pelatihan, diskusi, perlombaan, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

“Goal setting KSEI Filantropi pada umumnya yaitu untuk meningkatan potensi dan skill yang dimiliki kader-kader KSEI Filantropi baik dalam bidang Desain, Menulis, entrepreneur maupun bidang lainnya. Upaya peningkatan potensi dan skill kader ini dapat dilakukan dengan kegiatan-kegiatan seperti Kajian, Pelatihan, Diskusi, Perlombaan, dan lain sebagainya,” Pungkas Mustika.

Penulis: Lina Ardianti