Header Ads

test

Sejarah KSEI FEES IAI Agus Salim

Metro, adzkiyacentre.com,  Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Forum Ekonomi dan Entrepreneurship Syariah (FEES) IAI Agus Salim Metro. KSEI FEES merupakan kelompok studi ekonomi Islam yang didirikan oleh mahasiswa jurusan ekonomi syariah IAI Agus Salim. Inisiatif tersebut mendapat dukungan dari Kaprodi ekonomi Syariah pada saat itu.
Program studi yang masih baru mengakibatkan banyak hal yang harus dilakukan, salah satu cara yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswi IAI Agus Salim jurusan ekonomi Syariah untuk mendorong dan menambah wawasan pengetahuan tentang ekonomi Islam adalah dengan membentuk kelompok diskusi, kelompok belajar, dan kelompok untuk meningkatkan intelektualitas dan kreatifitas dibidang entrepreneurship, yang diberi nama KSEI FEES.
KSEI FEES merupakan UKM yang dapat dikatakan masih baru di IAI Agus Salim maupun di lingkup kajian regional FoSSEI Sumbagsel. Dengan adanya dukungan dari Kaprodi ekonomi Syariah yaitu Anas Malik, M.E.Sy, yang merupakan alumni dari FoSSEI regional Sumbagsel dan pernah menjabat sebagai koordinator regional pada masanya, KSEI FEES dapat berdiri dan menebarkan kebermanfaatannya.
Ade Febri Wibowo yang dalam pembentukan KSEI FEES ditunjuk sebagai nahkoda yang memimpin KSEI FEES tersebut dengan persetujuan dari forum. KSEI FEES sendiri berdiri di bawah naungan lembaga IAI Agus Salim dengan anggota dari mahasiswa-mahasiswi IAI jurusan ekonomi syariah yang mempunyai gairah berorganisasi.
Dalam UKM tersebut, selain melaukan kajian ekonomi Islam juga melakukan kajian entrepreneurship. Kajian tersebut digunakan untuk mendorong minat mahasiswa-mahasiswi untuk dapat mengembangkan bakatnya dibidang wirausahawan, sehingganya lulusan dari IAI Agus Salim dan KSEI FEES diharapkan mampu menjawab tantangan jaman, yaitu dapat menyediakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat.
Dalam meningkatkan kegiatan entrepreneurship, pihak lembaga yang melakukan kerjasama dengan perbankan. Kemudian mahasiswa yang ingin mendapatkan modal untuk berwirausaha dapat mengajukan pembiayaan kepada pihak kampus yang akan diteruskan kepada perbankan terkait untuk memberikan pembiayaan.
Ade selaku ketua umum KSEI FEES, “KSEI FEES merupakan KSEI yang masih baru, namun kami selaku pengurus akan melakukan berbagai kegiatan untuk mengenalkan KSEI FEES dan civitas akademika ke lingkungan masyarakat.”

Sumber: KSEI FEES IAI Agus Salim Metro