Header Ads

test

PSK (Pegiat Sastra Kampus) Selenggarakan Bincang Sastra


Metro, Adzkiyacentre.com. Pegiat Sastra Kampus (PSK) IAIN Metro mengadakan Bincang Sastra, Kamis (23/3) sore di Pojok Topten. Bincang sastra kali ini menghadirkan Budi Hutasuhut “lebih dalam tentang karakter dan penokohan.”
Budi Hutasuhut pemilik pena Budi Hatees, berkesempatan hadir untuk membagikan ilmu terkait cerpen dan novel.  Pada sore hari (23/3) Budi menjelaskan sejarah singkat bagaimana beliau memulai menulis dan perjuangan dalam menaklukkan kerasnya dunia kepenulisan.

Bincang satra kali ini dihadiri oleh 18 peserta yang merupakan Pegiat Sastra Kampus IAIN Metro dan Pegiat UKM KSEI Filantropi. Bincang Sastra ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam bidang kepenulisan, ungkap Muid.

Budi Hutasuhut menjelaskan dalam Bincang Sastra kali ini mengenai hal-hal yang perlu dikembangkan untuk menjadi cerpenis. “Pembuatan cerpen bagaikan seorang Tuhan dalam cerita. Dia bisa menghidupkan, mematikan, memberi rezeki, mengambil rezeki, memberi sakit, menyembuhkan, lalu memberi sakit lagi. Namun, untuk memudahkan kita dalam membuat cerpen maka kita harus banyak membaca dan mengetahui psikologi manusia. Sama halnya dalam pembuatan Film, cerita dan alur nya dapat di siasati semenarik mungkin seperti cerita menegangkan sebagai prolog dan lain sebagainya. Hal tersebut bertujuan untuk membuat pembaca penasaran dan melanjutkan membaca karena ingin mengetahui cerita selanjutnya.” Jelasnya.

Tidak hanya itu, lebih lanjut Budi menjelaskan trik-trik yang bisa dilakukan penulis dalam membuat suatu karya tulis baik cerpen, novel, berita, maupun karya tulis lainnya. “Menulis adalah sebuah emosionalitas ibarat mengeluarkan semua isi di kepala, jadi tulislah apa yang ada di dalam fikiranmu tidak perduli kata-kata kasar atau tidaknya. Setelah selesai tinggalkan sebentar lalu koreksi, diganti dengan bahasa yang baik dan penyesuaian alur. Setelah di editing, karya tersebut dapat dikirimkan.”

Diskusi ini sangat menarik, terutama mereka yang mempunyai hobi dalam bidang sastra. Sehingga kedepan bermunculan sastrawan-sastrawan muda yang mampu berkecimpung dalam dunia kepenulisan sastra.


Penulis : Lina