Header Ads

test

JSC : Diskusi Pepres Nomer 87 Tahun 2016


Metro, adzkiyacentre.com, Jurai Siwo Corner (JSC) menyelenggarakan diskusi rutin pekanan, Senin 20 Maret 2017. Diskusi kali ini membahas tentang “Peraturan Presiden Nomer 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.”
Acara yang dilaksanakan di ruang rapat gedung Rektorat, menghadirkan Bapak Pujiarto, MH dari kejaksaan Kota Metro. Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa dan juga dosen IAIN Metro serta praktisi wakaf uang.
Diskusi kali ini merupakan perwujudan dan kerjasama antara lembaga pendidikan IAIN Metro dengan kejaksaan dalam melakukan edukasi stop pungli yang telah dicanangkan pemerintah dan Rektor IAIN Metro, ungkap Nurma.
Pungli (Pungutan Liar) adalah biaya atau tarif yang dipungut oleh pihak yang tidak berwenang dan tidak mempunyai landasan hukum yang sah. Ciri pungli yang utama adalah dapat mempengaruhi pelayanan. Misalnya pelayanan yang seharusnya cepat menjadi lambat dan sebaliknya yang harusnya lambat menjadi cepat. Yang seharusnya didahulukan menjadi terakhir dan sebaliknya seharusnya terakhir menjadi diutamakan karena adanya pungli, ujar Bapak Pujiarto.
Diskusi pekanan JSC menjadi lebih menarik karena terdapat praktisi dibidang hukum dan wakaf uang yang juga menanggapi pemaparan dari pemateri. Pujiarto menjelaskan bahwa setiap pungutan harus terdapat payung hukum yang jelas.
Dalam Peraturan Pemerintah nomer 87 tahun 2016, terdapat di dalamnya yang mengkatagorikan infaq sebagai pungutan liar. Bapak Dr. Suhairi menjelaskan bahwa wakaf uang yang termasuk ke dalam kategori infaq yang beliau galakkan adalah memiliki payung hukum yang jelas dan telah diatur oleh MUI sebagai dana yang dimanfaatkan untuk banyak orang.
Lebih lanjut Bapak Pujiarto menjelaskan, bilamana gerakan wakaf uang tersebut sudah jalan maka perlu melakukan konsultasi dan meminta legal opinion dari kejaksaan agar nantinya tidak terdapat permasalahan yang berarti.

Penulis : Lina Ardianti