Header Ads

test

Perkembangan Teknolog Informasi: Negatif dan Positif


Seiring perkembangan zaman, teknologi akan semakin berkembang, hal ini memungkinkan banyak manusia yang menggunakannya sebagai sarana instan untuk mendapatkan informasi. Karena sebuah informasi sangat penting bagi kehidupan manusia, terlebih sifat manusia yang mengiginkan segalanya instan dalam kehidupanaya. perkembangan teknologi seringkali akan berdampak pada pola dan aktivitas manusia, terlebih kepada seseorang yang sudah kecanduaan dengan sebuah teknologi modern.
Perkembangan teknologi akan mempunyai pengeruh pada pola pikir dan aktivitas manusia. Namuan, bukan berarti semakin canggihnya teknologi akan selalu berbanding lurus dengan kecanggihan pola pikir manusia. Oleh karena itu dalam perkembangan teknologi ini manusia dituntut untuk lebih selektif dalam menggunakanya karena dikhawatirkan akan bepengaruh buruk bagi penggunanya. Karena dalam sebuah teknologi informasi elektronik tidak semua informasi relevan dengan kenyataan, atau tidak semua mengandung situs yang baik untuk digunakan.
Banyak justru dari perkembangan teknologi, manusia akan semakin malas dalam menjalankan aktivitas kehidupanya dan banyak pula yang menghabiskan waktunya berjam-jam dengan percuma. Sebagai contoh banyak sekarang yang memanfaatkan teknologi untuk sekedar main game, judi, chatting percuma, update status yang tidak penting, menyebarkan berita hoax dan masiih banyak lagi contoh yang lainnya. Konteks ini yang kemudian menjadi perhatian dimasa sekarang. Karena memang dapak yang ditimbulkan juga sangat luar biasa hal ini juga dapat diibaratkan sebagai virus kronis yang melanda manusia.
Banyak diantaranya akan menghalalkan semua media sosial untuk menyebar luaskan keburukan, menyebarkan hal-hal negatif yang akan merusak moral bangsa. Namun hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk pengusaha dibidang sosial media, yang menggunakannya untuk melakukan kegiatan pemasaran dan lainnya. Bahwasannya media sosial saat ini menjadi lahan basah, yang setiap saat akan menjadikan orang-orang yang telibat di dalamnya menjadi ketergantungan dan tergiur dengan pemanfaatan sosial media hari ini.
Perkembangan sosial media dewasa ini harus mendapatkan perhatian khusus dari semua pihak, baik orang yang menggunakannya dan juga pihak pemerintah yang harus melakukan proteksi-proteksi yang nantinya penggunaan media soaial sesuai dengan kebutuhannya. Dengan melakukan langkah-langkah awal dalam membatasi penggunaan media sosial. Ironis memang saat ini penggunaan media sosial banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan negatif tanpa adanya batasan-batasan, diatakutkan pada masa mendatang perkembangan teknologi ini akan merusak moral generasi penerus bangsa. Banyak kita temui bersama, dewasa ini penggunaan media sosial tidak sesui dengan peruntukannya, banyak anak-anak di bawah umur menggunakannya untuk kegatan negatif yang mengandung unsur sara.
Bagaimana selanjutnya yang harus dilakukan? bahwasannya perkembangan teknologi tidak dibenarkan digunakan untuk kegiatan negatif, batasan harus selalu dilakukan, baik dari sektor pemerintah, keluarga, dan juga lingkungan. Karena dari sanalah proteksi dapat dilakukan, dengan pangsa pasar yang sangat luas, Indonesia menjadi lahan basah untuk penyebarluasan hal-hal negatif melalui sosial media yang ada. Tujuannya adalah melakukan penjajahan dalam bidang teknologi informasi. Merusak moral bangsa dan generasi baru Indonesia. maka dari itu sebagai generasi selanjutnya yang akan menggantikan generasi tua, kita dituntut untuk dapat memilah keguanaan dari media sosial dan menggunakannya dengan taraf yang wajar.


Muid Sidik (Mahasiswa IAIN Metro dan Anggota UKM KSEI Filantropi)