Header Ads

test

Memaknai Semangat Baru Di Tahun Baru


Tahun baru dimaknai sebagai perayaan dimana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Budaya yang mempunyai kalender tahunan dan semua mempunyai perayaan tahun baru. Tahun baru di Indonesia jatuh pada tanggal jatuh pada tanggal 1 Januari karena Indonesia mengadopsi kalender Gregorian yang dimodifikasi dari kalender Julius, sama seperti mayoritas negara-negara di dunia. Tahun baru di Indonesia sendiri sangat kental dengan tradisi perayaan yaitu mulai dari bakar-bakar makanan, jalan-jalan (traveling), saling mengucapkan selamat dan lain sebagainya. Sisi positif dari tahun baru adalah kata-kata motivasi yang sering terucap bahwa di tahun baru maka hakikatnya timbul semangat baru.
Makna semangat baru inilah yang selalu timbul pertanyaan, dan apa yang urgen dalam kata-kata tersebut, semangat baru adalah kata simple yang sudah tentu mudah terucap tapi sulit dilaksanakan, dan apakah semangat baru ini ketika sudah di tahun tersebut kita lantas berubah drastic untuk merubah segala attitude  kita serta kehidupan kita.
Sudah tentu pertanyaan-pertanyaan tersebut selalu timbul dalam angan-angan setiap orang dan berbeda-beda juga cara pandang seseorang tentang analogi kata-kata tersebut. Namun yang pasti semangat baru adalah ucapann dan sekaligus pesan serta anjuran kepada seriap orang bahwa hidup ini akan selalu berjalan, dan hidup ini tak selamanya di atas dan juga di bawah, juga tak selamanya lurus tapi juga terkadang belok, dengan ucapan tersebut diharapkan setiap orang dapat berempati terhadap dirinya untuk selalu bersemangat dalam keadaan apapun, serta lebih meningkatkan semangat dalam hidupnya. Hal ini dapat dianalogikan seperti kata-kata “hiduplah seperti sepeda” jika kita ingin sepeda itu tetap berjalan maka ayunlah sepeda itu. Intinya bahwa yang baik marilah pertahankan dan yang masih dalam keadaan buruk  mulailah bersemangat dalam merubah kearah yang lebih baik.
Pada hakikatnya seseorang dikatakan baik bukan mereka yang tidak pernah salah sama sekali dalam hidupnya, tapi yang baik adalah mereka yang mempunyai salah dan mau memperbaiki kesalahanya. Oleh karena itu, tidak perlu menunggu seseorang untuk melengkapi kekurangan kita karena sejatinya yang melengkapi kekurangan kita pastilah diri kita sendiri.  Sama halnya konteks semangat baru ditahun baru adalah konteks pesan bahwa bukan hanya ditanggal awal tahun kita bersemangat atau mengaplikasikan semangat baru lantas di pertengahan atau diakhir tahun berikutnya kita lesu dan malas kembali, akan tetapi kata semangat baru adalah kata yang menurut saya terinspirasi bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, sedangkan hari esok harus lebih baik dari hari ini agar supaya kita tidak merugi dalam memanfaatkan waktu.
Memanfaatkan waktu harus digunakan untuk kegiatan yang bai pula dan tugas dari manusia agar dapat memanfaatkan waktunya maka ia harus mempunyai menejemen  waktu, yakni mengatur waktu  dimana agar waktu ini dapat terisi dengan hal-hal yang kita inginkan, karena tanpa manajemen waktu yang baik maka hal-hal yang kita inginkan tersebut saling akan bertabrakan satu dengan yang lain. Konteks ini pun masih terhubung dengan ucapan semangat baru  ditahun baru. Diharapkan semangat baru ini menjadi suatu semangat yang sebenarnya.
Namun terkadang semangat baru, hanyalah sebuah kata atau rencana dan bukan berarti semangat sesungguhnya atau bahkan  hanya timbul diawal  padahal konteks ini haruslah berjalan supaya rasa semangat baru di tahun baru ini benar-benar menjadi sebuah power or energy kita dalam proses dan tahapan-tahapan hidup. Semisal seseorang bersemangat bekerja ditahun depan, namun terkendala karena lingkungan kerja yang buruk, gaji yang sedikit, lantas orang tersebut menurun dalam semangatnya dan mulai bermalas-malasan dalam hidupnya. Maka, itu buakanlah yang dikatakan semangat baru yang sesungguhnya.
Sebetulnya makna semangat baru akan menjadi simple karna dapat pula kita memaknainya dengan sebuah pertanyaan-pertanyaan seperti:
1.      Apakah kita masih bersemangat walaupun dalam keadaan sulit ?
2.      Apakah kita masih bersemangat dalam menghadapi problem-problem hidup yang menimpa kita kedepan?
3.      Apakah masih bersemangat ketika kita dalam keadaan bahagia lantas tiba-tiba terjatuh dan hilang semua kebahagiaan itu ?
4.      Apakah masih bersemangat ketika rasa lelah mulai menyelimutimu mu ?
Itulah bagaimana seseorang biasa mengartikan apa yang dinamakan semangat baru yang sesungguhnya, seperti halnya waktu dalam hidup yang akan terus berjalan sampai waktu berakhirhari pembalasan. Sama halnya dengan semangat yang harus hidup dan berjalan sampai dengan seseorang meninggal. Karena yakinlah bahwa kehidupan yang berliku berarti menandakan ada yang lurus di suatu saat, dan kehidupan yang berat menandakan akan ada yang ringan di suatu saat. Karna sejatinya setiap ujian, setiap musibah, setiap problem yang kita terima Tuhan tau bahwa kita mampu dalam menjalankanya. Dari itu marilah ditahun baru ini motivasi semangat baru bukan hanya sebuah ucapan saja yang terlintas di lisan, tapi teraplikasi dikehidupan. Bukan hanya sementara saja seperti halnya cabai yang pedas dimulut namun beberapa menit kemudian hilang tak tersisan. Mulailah istiqomah dalam memanfaatkanya. Semoga ditahun baru ini kita mendapatkan kehidupan yang lebih baik yang sudah tentu kita laksanakan dengan semangat yang baru ditahun ini.
Happy  new year 2017


Muid Sidik (Mahasiswa IAIN Metro)