Header Ads

test

Jerman Negara Paling Efisien Energi


Metro, Adzkiyacentre.com - Indonesia untuk pertama kalinya masuk dalam peringkat efisiensi energi dunia. Jerman bersama Italia dan Jepang adalah tiga negara yang paling efisien dalam menggunakan energi. Jerman menduduki posisi pertama negara paling efisien energi di 2016 sementara Italia dan Jepang bersama-sama menduduki peringkat kedua. Amerika Serikat naik ke posisi ke-8 tahun ini naik dari posisi ke-13 pada 2014. China dan Spanyol berturut-turut menduduki posisi ke-6 dan ke-7.

Peringkat efisiensi energi internasional ini diterbitkan oleh lembaga nirlaba American Council for an Energy-Efficient Economy (ACEEE). Indonesia, Belanda, Polandia, Saudi Arabia, Afrika Selatan, Taiwan, Thailand, dan Turki menjadi negara baru yang masuk dalam peringkat efisiensi energi dunia ini.
Negara-negara yang masuk dalam peringkat ini mengonsumsi 75% energi dunia dan menyumbang 80% Produk Domestik Bruto Global. Peringkat lengkap negara paling efisien energi versi ACEEE adalah sebagai berikut:  Jerman (1), Italia (2, imbang), Jepang (2, imbang), Perancis (4), Inggris (5), China (6), Spanyol (7), Korea Selatan (8, imbang), Amerika Serikat (8, imbang), Kanada (10), Belanda (11), Polandia (12), Taiwan (13), India (14), Turki (15), Australia (16), Rusia (17), Indonesia (18), Meksiko (19), Thailand (20), Afrika Selatan (21), Brasil (22) dan Saudi Arabia (23).
ACEEE menilai negara-negara ini berdasarkan 35 kriteria kinerja dalam empat kategori: bangunan, industri, transportasi, and efisiensi secara keseluruhan. Jerman meraih angka tertinggi dalam aksi efisiensi energi nasional, bangunan dan industri. Sementara India bersama Italia memimpin di sektor transportasi.

Sumber: hijauku.com