Header Ads

test

Kopi Lampung

Patut disyukuri bagi para petani kopi di lampung, karena harga kopi saat ini mencapai angka RP. 17.000,- per Kg. Harga ini tentunya menjadi berita menggembirakan tersendiri bagi masyarakat lampung yang bermata pencaharian sebagai petani kopi. Peningkatan harga kopi ini juga di ikuti dengan kuantitas panen yang meningkat. Banyak para petani kopi di lampung barat yang mensyukuri hasil panen mereka.
batang Kopi lampung
Peningkatan jumlah panen ini dikarenakan faktor cuaca yang bersahabat. Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana hasil panen kopi begitu minim, bahkan bisa dibilang gagal panen. Hal ini dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi di tahun lalu, yang menyebabkan pohon kopi ketika berbunga mengalami kerontokan.

Hasil panen kopi tahun ini diperkirakan naik sekitar 3 kali lipat dibanding tahun lalu. Saya ingat terakhir kali harga kopi di lampung mengalami kenaikan signifikan adalah sekitar tahun 1998. Ketika itu harga kopi mencapai 15 ribuan per kilogram nya. Terlebih ketika itu nilai mata uang rupiah terhadap dolar mengalami kenaikan. Banyak para petani kopi yang kaya mendadak. Dampaknya juga berimbas kepada masyarakat sekitar yang bukan petani kopi. Diantara golongan masyarakat yang merasakan dampaknya adalah pedagang. Kenaikan tersebut membuat daya beli masyarakat menjadi tinggi. DAya beli yang tinggi ini tentunya membuat mereka lebih konsumtif dibanding biasanya.
sumber : http://www.kopi-lampung.com/news/106#more-106